Hemat Biaya Pernikahan Dengan 5 Tips Berikut

Melaksanakan pernikahan memang selalu identik dengan kebutuhan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari harga gedung pernikahan, katering/catering, biaya kostum/baju mempelai, dan sebagainya. Bahkan ada info bahwa setiap tahun biaya pernikahan selalu mengalami kenaikan sekitar 15-20%. Sedangkan bagi perseorangan sendiri kenaikan salary/gaji biasanya ada di angka sekitar 5-10 % per tahun. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang ingin menikah mencari informasi bagaimana tips menghemat biaya pernikahan.

Menikah sendiri memang merupakan hal yang cukup penting dalam kehidupan seseorang. Dalam hal ini, menuju proses kedewasaan seseorang. Dengan menikah, kita bisa belajar untuk bertanggung jawab dan membangun keluarga dan kehidupan yang lebih baik dan bahagia.

Untuk mengadakan sebuah pernikahan sebenarnya cukup dengan proses sederhana tidak masalah. Akan tetapi bagi sebagian orang, kadang perasaan gengsi lah yang menjadikan pernikahan ini menjadi mahal, akhirnya ditempuhlah jalan untuk berhutang di luar batas kemampuan financial. Padahal dengan menghemat biaya pernikahan, alokasi keuangan mereka yang harusnya bisa ditabung untuk kebutuhan masa depan, malah jadi digunakan hanya untuk melunasi hutang karena pernikahan. Supaya tidak terjadi hal tersebut, yuk baca beberapa tips menghemat biaya pernikahan yang diambil dari styl.id

1. Tentukan banyak undangan
Jika sudah bicara mahalnya catering dalam pernikahan, tentu identik dengan berapa banyak tamu yang kamu undang. Semakin banyak tamu, tentu semakin banyak porsi catering yang diperlukan. Kamu bisa memilah-milah tamu-tamu yang kamu undang dalam pernikahan agar dapat mengurangi biaya pernikahan. Undang saja kerabat dan teman dekat, misalnya kamu dan pasangan tidak perlu mengundang satu angkatan teman kuliah yang mungkin jumlahnya bisa ratusan. Cukup orang-orang yang mungkin paling dekat denganmu atau pasangan.

2. Sesuaikan lokasi pernikahan dengan budget
Tidak perlu memaksakan untuk menggelar pernikahan di suatu tempat mewah bahkan di hotel jika tidak memungkinkan. Apalagi jika kamu menggelar resepsi di hotel, otomatis catering yang perlu kamu bayarkan akan lebih mahal dibandingkan banyaknya catering murah yang bertebaran di Jakarta.

3. Sewa tempat dari jauh-jauh hari
Semakin kamu mepet untuk menyewa tempat resepsi, biasanya akan semakin mahal harganya. Selain itu untuk mendapatkan tempat yang bagus tapi murah biasanya kamu akan bersaing dengan calon pasangan lainnya. Apalagi jika kamu dan pasangan berencana untuk menikah di tanggal cantik.

4. Manfaatkan teman yang punya kemampuan lebih
Salah satu gunanya kamu memiliki teman banyak adalah pasti ada di antara mereka yang memiliki kemampuan khusus seperti fotografi atau MUA. Coba kamu kontak kerabat atau temanmu untuk membantu mengurangi biaya pernikahan. Dengan begitu biaya pernikahan yang disodorkan vendor bisa kamu tekan lebih murah.

5. Utamakan sewa, jangan beli baju pengantin
Baju pengantin hanya dipakai sekali, sayang banget kalau kamu sampai harus membelinya. Selain itu kamu bisa dapat harga yang jauh lebih murah. Berkurang lagi deh biaya pernikahanmu, ya kan?

Itu tadi tips menghemat biaya pernikahan yang mungkin bisa kamu ambil. Ada tips lainnya? coba berikan komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *